fbpx

MIRIP STONEHENGE YANG ADA DI INGGRIS, BORI’ KALIMBUANG, SITUS BATU BERDIRI ALA TORAJA

Bori’ Kalimbuang, obyek wisata yang menjadi salah satu warisan duniaUNESCO yang terletak di jalan poros Barana’, Pangli, Kel. Bori’, Kec. Sesean, Kab. Toraja Utara, wisata yang sudah ada sejak tahun 1718 ini mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Sama sama memiliki batu batu tinggi yang tegak berdiri dengan berbagai ukuran atau yang dikenal dengan nama menhir. terdapat sekitar 102 menhir yang terpasang dan berdiri dengan tegak di kawasan rante. Rante adalah kawasan tempat upacara pemakaman Rambu Solo dilakukan bagi penduduk tingkat tertinggi di Toraja.

Bebatuan ini dulunya dibawa dari atas gunung batu oleh penduduk setempat bersama-sama ketika hendak mengadakan upacara pemakaman. Meski memiliki ukuran yang berbeda-beda, menhir atau yang dikenal pula sebagai simbuang batu punya nilai yang sama dalam adat Toraja.

Bedanya, batu batu ini bukan melalui proses alami, melainkan dibentuk terlebih dahulu dan ditanam di dalam tanah. Pembentukan dan penanaman batu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, Batu yang hendak dibawa mesti melewati beberapa tahapan ritual tertentu sebelum diangkut dan ditancapkan di lokasi rante. Di sekeliling menhir, kamu akan menemukan bangunan bambu dengan atap berbentuk perahu, khas bangunan Toraja. Bangunan itu antara lain adalah lakkian, yaitu tempat persemayaman peti jenazah saat melakukan upacara pemakaman Rambu Solo dan juga ballakayan. Yang merupakan bangunan bagi keluarga maupun tamu yang datang untuk berkumpul dan makan bersama.

Menhir ini menjadi perpaduan yang apik dengan rumah adat Toraja yaitu Tongkonan. Menhir ini juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable untuk kalian yang hobi foto.

Tidak hanya menyajikan pemandangan Menhir, ada Balakkayan atau rumah panggung yang digunakan untk membagikan daging sembelihan kerbau atau babi yang dikurbangkan dalam ritual Mantunu Tedong.

Sumber : travelkompas.com dan beberapa sumber lainnya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami