fbpx

PULAU LANJUKANG, PULAU TERLUAR DI SULAWESI SELATAN YANG SANGAT INDAH, SURGANYA WISATA BAHARI

Kawasan Indonesia Timur terkenal akan keindahan pantainya, yang tidak terkecuali dengan Kota Makassar, Kota yang berjuluk Kota Anging Mamiri ini memiliki banyak potensi wisata bahari yang sangat indah, salah satunya adalah Pulau Lanjukang.

Masuk menjadi bagian gugusan pulau spermonde, pulau ini hanya miliki luas area sekitar 6 hektar saja. Termasuk pulau yang kecil, letaknyanya pun berada di lokasi terpencil yang tidak banyak dijamah oleh manusia. Meskipun begitu, pesona keindahanya yang menggoda tidak boleh dipandang sebelah mata. Para pecinta wisata bahari tentunya merasa puas, bahkan sejak melihat pulau tersebut dari kejauhan.

Karena letaknyaberada paling luar kepulauan, sehingga membuat Pulau Lanjukang ini menjadi tempat peristirahatan sementara bagi para nelayan dari Makassar sebelum meneruskan perjalanan mencari ikan, Pulau Lanjukang sendiri berjarak kurang lebih 40 Km dari kota Makassar, perjalanan ke Pulau Lanjukang memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan kapal kayu yang biasa di temui di Pelabuhan Paotere.

Jumlah penduduk yang mendiami Pulau Lanjukang sekitar 15 Kepala Keluarga. Dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan pun sangat jarang dijual di Makassar, mengingat biaya angkut cukup besar.

Fasilitas yang tersedia masih kurang memadai terutama listrik dan air yang masih terbatas. Disini terdapat juga sebuah Mushollah kecil yang digunakan untuk ibadah masyarakat sekitar, Sepanjang mata memandang, Pulau lanjukang menawarkan keindahan berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru toska. Pohon Kelapa yang berada dipinggir pantai semakin menambah keindahan pulau ini.dan di pulau ini juga terdapat mercusuar yang terletak di sisi Pulau sambil berenang dan snorkeling di bawah laut Pulau Lanjukang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami