fbpx

JALAN JALAN SERU DI KOTA SOPPENG / KOTA KALONG, MELIHAT DENGAN DEKAT KELILAWAR DI TENGAH KOTA PADA SIANG HARI

Di Sulawesi Selatan terdapat satu kota yang memiliki keunikan, yang tidak dimiliki kota lainnya. Kota itu adalah Watansoppeng, ibu kota Kabupaten Soppeng, yang jaraknya sekitar 160 kilometer dari Makassar. Di tengah kota Watansoppeng terdapat beberapa pohon asam yang dipenuhi kalong atau kelelawar berukuran jumbo. Sehingga kota Watansoppeng sering dijuluki kota kalong atau kampungnya “Batman”. Berbeda di tempat lain, kelelawar biasanya tinggal di dalam gua yang jauh dari pemukiman warga.

Tidak jauh dari pohon-pohon asam yang dipenuhi ribuan kalong bergelantungan, Pemkab Soppeng membangun sebuah taman bermain warga Soppeng yang diberi nama Taman Kalong. Di tengah taman terdapat patung kalong berukuran besar dan ikon tulisan Taman Kalong, yang selalu menjadi obyek swa-foto. Di sekeliling taman ini juga kita bisa mendengar suara bising dari ribuan kalong yang bergelantungan di pohon. Di sinilah ratusan kalong bergelantungan di ranting-rantingnya. Warga dan wisatawan bisa melihat langsung kalong, hanya dengan mendatangi taman ini.

Kita bisa melihat para kalong tidur terbalik. Beberapa di antaranya terbang dari pohon ke pohon, atau berjalan di ranting mencari posisi tidur enak.Bau taman ini agak khas. Wajar saja, dengan banyaknya kalong di sini. Agak asam di hidung. Bau ini akan langsung terasa, begitu menginjakkan kaki di area ini.

Konon, ribuan ekor kalong yang bergelantungan di pohon-pohon asam sudah ada sejak beberapa abad silam, di masa pemerintahan Raja Soppeng Latemmamala. Dalam cerita rakyat masyarakat Soppeng, kalong diizinkan Raja Latemmamala untuk tinggal di pohon asam, dengan syarat tidak memakan buah-buahan milik warga Soppeng. Sehingga diyakini, ketika petang hari ribuan kalong terbang meninggalkan kota Watansoppeng untuk mencari makanan di luar daerah Soppeng. Selain itu, ada juga mitos bagi warga pendatang yang melintas di bawah pohon asam yang ditinggali kalong, ketika tiba-tiba ia terkena kotoran kalong, maka diyakini akan mendapatkan jodoh orang Soppeng.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami