fbpx

MENIKMATI UDARA SEJUK DAN KEINDAHAN AIR TERJUN TAKAPALA MALINO

Kawasan Malino yang terletak di ketinggian 900-1.500 mdpl, merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya untuk melewati akhir pekan. Bagaimana tidak? Selain memiliki suasana yang sejuk dan segar, dataran tinggi yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang berpotensial. Kawasan Malino terletak di sekitar 90 km sebelah tenggara Kota Makassar, dengan akses yang relatif cukup mudah dan hanya memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan untuk menuju Malino. Dengan suasana pedesaan yang asri serta dikelilingi pepohonan yang menyelimuti perbukitan, di kawasan ini pengunjung selain dapat mengunjungi Perkebunan Teh Nittoh, tempat pemandian Lembah Biru, Hutan Wisata Malino, pengunjung juga dapat menyambangi beberapa air terjun indah. Air Terjun Takapala yang masih berada dalam kawasan Malino ini adalah salah satu air terjun yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Terletak tepatnya di Desa Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa dengan jarak 6 km saja dari Kota Malino, kondisi jalan yang sedikit berliku dengan pemandangan yang elok akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Hanya dengan membayar tiket masuk yang relatif murah yaitu sekitar Rp 2.000,00 rupiah per orangnya saja pengunjung sudah dapat menikmati segarnya bermain air di kawasan air terjun ini. Fasilitas penunjang di kawasan air terjun ini juga terbilang cukup memadai, mulai dari terdapatnya toilet hingga deretan warung makan yang menjajakan berbagai macam kudapan seperti pisang goreng dan berbagai jenis makanan lainnya. Tinggi Air Terjun Takapala mencapai 109 meter dengan debit air yang sangat besar terlebih lagi di kala musim hujan datang. Curahan air dengan volume besar tersebut, secara alami membentuk sebuah kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air. Namun pengunjung harus tetap waspada akan tekanan air dari dasar kolam yang cukup kuat. Di atas kolam tersebut juga tak jarang terlihat biasan air yang membentuk sebuah pelangi di atasnya. Dikelilingi perbukitan khas dataran tinggi dan rerimbunan hutan membuat suasana di air terjun ini semakin sejuk dan asri.

Menurut mitos penduduk setempat, air terjun ini merupakan air terjun jodoh, dimana bila kita mandi dan meminum air dari air terjun ini niscaya akan segera mendapatkan jodoh. Jadi, selain menikmati pemandangan yang menakjubkan anda pun bisa mendapatkan jodoh, seperti peribahasa sambil menyelam minum air. Air terjun Takapala dikelilingi tebing-tebing curam yang menjulang tinggi dan hutan rimbun. Tingginya mencapai 109 meter dengan debit air cukup tinggi. Ketika musim penghujan, aliran air bakal lebih deras lagi. Di bagian bawah terdapat kolam untuk bermain air atau berenang. Tapi disarankan tetap berhati-hati karena arus di sekitarnya cukup deras.

Tingginya debit air membuat Air Terjun Takapala ini sering dihasi kabut, hingga tak jarang pengunjung bisa melihat pelangi di bagian dasarnya. Bagi yang suka tantangan, bisa juga coba menjelajah goa di balik air terjun.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami