fbpx

Jelajahi Taman Hutan Raya Ngargoyoso, Kaya dengan Vegetasi Endemik dan Fauna Langka

Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A.Mangkunagoro I, merupakan kawasan pelestarian alam untuk menunjang, pendidikan, pariwisata dan rekreasi. Merupakan satu-satunya taman hutan raya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Di dalam tahura ini, terdapat berbagai jenis flora terdiri dari berbagai jenis vegetasi endemik dan fauna langka. Berkunjung bersama travel Makassar dengan travel murah Makassar tentunya merupakan pilihan yang tak akan mengecewakan.

Tahura Karanganyar ini memang sangat cocok untuk menunjang kegiatan pendidikan, pariwisata hingga rekreasi. Bahkan jika travelling ingin melakukan kegiatan camping maupun kegiatan wisata bersama keluarga juga bisa menggunakan lokasi Taman Hutan Raya Karanganyar sebagai pilihan. Selain itu berbagai macam flora dan fauna bisa traveller jumpai. Ada lebih dari 34 jenis binatang yang terdapat di Tahura Karanganyar. fasilitas yang di sediakan untuk para traveller juga cukup lengkap mulai dari tempat parkir, MCK dan warung yang menyediakan beberapa makanan kuliner.

Di Tahura Karanganyar juga terdapat Taman Bougenvile, dengan berbagai macam spesies bunga bougenvile. Tahura juga merupakan tempat yang tepat untuk meneliti keanekargaman tumbuhan yang ada disini. bahkan di lokasi ini juga terdapat Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya yang merupakan salah satu unit pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah.

Memang, Tahura dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura). Ada sebuah vila dan aula yang disewakan untuk umum. Fasilitas di Tahura ini cukup lengkap, termasuk masjid serta tanah lapang untuk menunjang kegiatanmu di sini.

Tahura bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Solo ke arah Tawangmangu. Satu hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak berkunjung ke Tahura adalah kondisi kendaraan. Karna berada di ketinggian lereng gunung Lawu, jalanan kesana juga menanjak. Tanjakan paling curam akan kamu jumpai menjelang candi Sukuh. Kendaraan harus benar-benar dalam keadaan prima. Wana wisata ini sangat cocok untuk kegiatan camping maupun sebagai wisata bersama keluarga dengan tiket masuk Rp.7.000,-.

Bila menggunakan transportasi umum dari Solo, dapat menumpang bus dari Terminal Tirtonadi jurusan Tawangmangu dan turun di Terminal Karangpandan. Sesudah itu, berganti bus jurusan Ngargoyoso dan turun di gang Desa Berjo (papan petunjuk ke arah Candi Sukuh/Tahura). Dari gang tersebut dapat menyewa ojek untuk sampai ke lokasi. Perjalanan ke Desa Berjo dari Terminal Karangpandan memakan waktu sekitar 30 menit. Sementara dari Kota Solo memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Untuk keperluan rekreasi, di sekitar Tahura banyak objek yang bisa dikunjungi. Selain candi Sukuh yang letaknya sekitar 800m dari sini juga ada beberapa objek lain seperti air terjun Parang Ijo, Kandang Rusa, sera situs Watu Bulus. Di bagian bawah ada sebuah taman yang dilengkapi dengan kanopi yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang bisa digunakan untuk santa-santai bersama orang-orang terdekat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami