fbpx

Nikmati Menariknya Wisata Bahari di Pulau Beras Basah

Pantai Beras Basah terletak di Pulau Beras Basah, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia. Lokasi tempat ini berjarak sekitar 220 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Pantai Beras Basah menawarkan panorama alam yang indah disertai dengan hamparan pasir putih pantai yang cukup lembut di kaki. Pamandangan dari pepohonan nan hijau senantiasa menghiasi pulau ini.

Pulau Beras Basah terletak sekitar 40 menit perjalanan laut. Dengan menyewa kapal nelayan, untuk menikmati pesona bahari yang ditawarkan pulau yang memiliki pantai pasir putih itu. Kapal bertolak dari sebuah dermaga kayu di kawasan Bontang Kuala, Bontang. Bersama travel Makassar dengan paket travel murah Makassar, liburanmu tentu akan jadi lebih nyaman.

Menurut cerita penduduk setempat zaman dahulu ada sebuah Kapal yang membawa bahan makanan termasuk beras. Kapal tersebut tiba-tiba saja karam namun tidak semuanya tergenang air. Bawaan kapal yang sebagian besar adalah beras tidak tenggelam, melainkan muncul sebagian seperti gundukan. Lama – kelamaan gundukan beras tersebut berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Air lautnya berwarna biru jernih. Seolah-olah menggoda siapapun yang berkunjung untuk berenang ke dalamnya. Dan memang benar di tempat ini pengunjung bisa berenang ataupun snorkeling menikmati keindahan bawah laut. Berbagai jenis ikan laut, terumbu karang hingga rumput laut bisa pengunjung temukan di tempat ini.

Bermain di pasir putih yang halus dan enak saat di injak. Di samping itu banyak pengunjung yang bermain Voli dan juga kejar-kejaran di pasir halus ini. Berjalan-jalan di pantai yang sedang surut juga sangat menyenangkan namun perlu hati-hati karena banyak bekas kulit kerang dan juga kerang hidup yang kulitnya tajam dan jika tidak hati-hati kaki bisa terluka. Saat berjalan-jalan, kamu mungkin akan menjumpai banyak bintang laut dan bulu babi.

Terdapat sebuah pondokan sederhana di tengah-tengah pulau. Bangunan dari kayu tersebut, cukup luas untuk sekedar menaruh barang bawaan dan sebagai tempat untuk istirahat. Pohon-pohon rimbun di sekitarnya terlihat kokoh meski lokasinya berada di atas pulau berpasir.

Tidak hanya itu, kawasan ini sangat cocok bagi Anda penggemar fotografi. Pemandangan sunrise maupun sunset di tempat ini cukup menarik untuk diabadikan. Sekedar duduk dipantai juga bisa menjadi pilihan menikmati terpaan ombak-ombak kecil yang datang menyapa.

Untuk ke sini, kamu harus terlebih dahulu ke Balikpapan. Pesawat dari berbagai kota dengan tujuan Balikpapan sangat ramai. Dari Balikpapan menuju Bontang bisa memilih jalur bis dengan lama perjalanan sekitar 5 jam. Tarif bis AC, hanya Rp 85 ribu. Salah satu nya adalah PO Samarinda Lestari. Jika dari Samarinda, perjalanan hanya sekitar 2 jam saja. Dengan biaya bis hanya sebesar Rp 20 ribu. Tiba di Bontang, anda bisa menyewa kapal di sekitar Bontang Kuala dan Tanjung Laut. Tarif sewa kapal bervariasi, antara Rp 300 hingga 400 ribu. Bisa menampung 10 penumpang sekaligus. Bila Anda ingin menginap, Anda bisa menyewa tempat penginapan yang ada di pusat kota Bontang. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan maupun minuman bila akan berkunjung ke tempat ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami