fbpx

Alami Kehidupan Rimba di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Banjarnegara di Jawa Tengah merupakan kabupaten yang sebagian wilayahnya terletak di antara dataran rendah dan dataran tinggi Dieng. Salah satu kelurahan yang berada di kabupaten tersebut adalah Kelurahan Kutabanjar. Kawasan ini merupakan kawasan rimba atau hutan yang berada di tengah kota. Di kawasan Kutabanjar tersebut, terdapat suatu taman yang berfungsi sebagai taman rekreasi bagi yang ingin melihat suaka margasatwa. Taman tersebut dikenal dengan sebutan Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas.

Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas terletak 1 km dari Kota Banjarnegara ke arah utara. Taman rekreasi ini memiliki luas sekitar 5,3 ha. Diresmikan pada 1997 oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), ketika masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997 sekaligus menyumbangkan harimau yang sekarang telah berkembang biak. Itulah satu-satunya taman margasatwa di Jawa Tengah bagian selatan.

Serulingmas sangat menarik untuk dikunjungi karena selain bisa melihat berbagai macam hewan dan tumbuhan langka, kebun binatang ini juga memadukan beberapa objek wisata menjadi satu. Seperti waterboom dan wahana permainan untuk anak. Selain itu, biaya tiketnya yang relatif murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi Serulingmas.

Terdapat berbagai macam spesies hewan dengan jumlah lebih dari 36 jenis. Berbagai macam hewan seperti hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka bisa dilihat oleh pengunjung. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung, juga harimau benggala, singa Afrika, serta seekor beruang terdapat di Serulingmas.

Di taman ini pula dapat dinikmati minuman khas, yaitu Dawet Ayu Banjarnegara. Konon minuman cendol dengan Gula Jawa asli dicampur santan dan nangka ini membuat orang yang meminum akan merasa lebih muda 10 tahun. Bagi kaum wanita, apabila suka meminumnya akan kelihatan lebih ayu.

Taman yang memiliki luas sekitar 10 hektar tersebut sudah dibangun fasilitas serta inftastrukturnya lengkap. Keunikannya lagi di dalam taman ini juga terdapat makam Ki Ageng Selomanik. Ia merupakan salah satu pengikut setia pahlawan Indonesia, Pangeran Diponegoro yang menetap di Banjarnegara.

Panorama yang bisa dilihat selama berkunjung di Taman Rekreasi Margasatwa Seruling mas diantaranya adalah lembah sungai serayu yang berujung dengan Sungai Merawu dimana tak jauh dari lembah tersebut terdapat bendungan Banjarcahyana yang merupakan bendungan sejarah dulunya pernah dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1939.

Ketika mengunjungi Serulingmas bersama travel Makassar dengan travel murah Makassar, kamu akan merasakan situasi sejuk dan nyaman dikarenakan banyak pohon-pohon yang rindang berada di kawasan ini. Serulingmas siap memanjakan pengunjung yang ingin berjalan-jalan sembari menikmati situasi ruang wisata. Apalagi, harga tiket Serulingmas sangat terjangkau dan tidak menguras dompet, yaitu hanya sebesar Rp. 15.000/orang untuk umum, sedangkan untuk pelajar bisa lebih murah lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami