fbpx

Rasakan Sensasi Pesona Alam Bahari Pantai Trikora di Bintan

Tidak kalah dengan Batam, Pulau Bintan memiliki tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Terletak di sebelah timur Pulau Bintan di Kepulauan Riau, adalah bentangan panjang pasir putih dengan batu-batu besar tersebar yang disebut Pantai Trikora. Pesona alamnya mampu memberikan sensasi tersendiri saat liburan bersama keluarga atau pasangan dengan jasa travel Makassar yang menawarkan paket travel murah Makassar.

Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Jika Anda memulai perjalanan dari Tanjung Pinang maka harus bergerak ke arah timur sekitar 45 km. Pantai ini memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3 dan 4.

Di bagian awal Pantai Trikora tak berhias hotel atau akomodasi sejenisnya. Sehingga melihat pantai ini terasa lepas, tak ada penghalang. Namun, di Pantai Trikora 3 dan Trikora 4, di tepian pantai sudah berjejer hotel. Umumnya juga lebih bersih karena pantai dikelola pihak manajemen hotel. Di Pantai Trikora 3 dan Trikora 4, pantai juga banyak berhias batu granit berukuran besar. Bahkan jenis batu ini ada yang berada jauh ke tengah laut. Membuat hasil jepretan foto pun menjadi terlihat lebih indah.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari nama “three corral”, yang diberikan oleh wisatawan asing yang kala itu berkunjung ke pantai ini. Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Dimana pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, tengah hangat beredar isu tentang “Ganyang Malaysia”, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu.

Keistimewaan Pantai Trikora ini terletak di hamparan luas pasir putih yang landai, sehingga wisatawan bisa bermain, berjemur atau melakukan olahraga seperti berlari, sepak bola, atau trekking. Di tempat ini, wisatawan juga dapat menikmati aktivitas berenang atau snorkeling dengan memanfaatkan alat-alat yang bisa disewa di lokasi.

Kamu bisa juga berjalan santai di bawah pohon-pohon palem yang berjajar rapi di sepanjang pantai. Ada juga batu-batu besar yang berada di tepi sampai menjorok ke laut, yang menambah keindahan Pantai Trikora. Dari atasnya, pengunjung dapat menikmati ombak atau melihat kapal nelayan yang lewat di kejauhan. Di akhir pekan, lokasi ini ramai dengan para pemancing yang berlomba mendapatkan ikan-ikan laut yang cantik.

Usai menikmati keindahan dan wahana di sana, Anda juga bisa memanjakan lambung Anda dengan berbagai jenis kuliner yang menggoda selera makan. Seperti menu masakan laut yang dengan mudah dapat Anda temukan di sepanjang pantai. Selain itu juga terdapat makanan khas Sumatera, yakni Otak-otak yang terbuat dari ikan laut atau cumi-cumi. Perpaduan makanan dan keindahan pantai akan terasa tiada duanya.

Fasilitas dan akomodasi di sekitar Pantai Trikora relatif lengkap, seperti hotel mewah hingga guesthouse dengan tarifnya terjangkau, mulai dari Rp. 250.000,-/malam. Di sana juga tersedia pondok-pondok tempat beristirahat yang bisa disewa seharian dengan biaya Rp. 30.000,-. Tersedia juga berbagai macam olahraga air seperti banana boat, kano, layang-layang dan sebagainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami