fbpx

Perjalanan Menakjubkan dari Pantai Tete Bone ke Pulau Tak Berpenghuni

Pantai masih menjadi tujuan wisata favorite masyarakat pada umumnya, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Salah satu pantai terindah di kabupaten Bone adalah Pantai Tete.

Pantai Tete di Tonra, Kabupaten Bone dikenal memiliki pemandangan menakjubkan. Baik di hari biasa atau liburan, pantai berpasir putih ini tak pernah kehilangan wisatawan. Selain lokasinya yang mempesona, Pantai Tete ternyata merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan.

Pantai Tete dikenal karena pesona hamparan pasir putih sepanjang pantainya, berada di kaki Gunung Meru yang menjulang. Eksotisme Pantai Tete semakin mempesona dengan sebuah pulau kecil berbentuk gunung (Bulu Betta) tidak jauh dari bibir pantai.

Pengunjung dapat berjalan kaki ke pulau tersebut saat air pasang sedang surut. Seketika saja, perairan Pantai Tete berubah menjadi lahan lapang beralas pasir. Satu hal yang menarik, saat surut air laut tiba sebuah jalan setapak selebar 3-5 meter sepanjang 1 km terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di Timur Pantai Tete tersebut.

Pulau Bulu’ Betta’ juga bisa dicapai menggunakan perahu kecil di kala pasang air laut. Saat air laut kembali pasang, Pantai Tete kembali seperti pantai pada umumnya. Pengunjung dapat berenang sepuasnya di perairan dangkal. Pasalnya, ombak di pesisir Desa Bone Puteh ini cukup tenang dengan garis pantai yang langsung menghadap Teluk Bone di utara.

Ternyata, Pantai Tete juga merupakan kawasan camp pelatihan bagi prajurit Angkatan Darat. Di bulan-bulan tertentu Pantai Tete akan diramaikan oleh prajurit-prajurit TNI AD yang menggunakannya sebagai tempat latihan rimba laut untuk para prajurit infanteri.

Di luar masa pelatihan, kawasan Pantai Tete ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tak bisa dipungkiri, Pantai Tete merupakan pantai terindah di Kabupaten Bone. Sehingga, wajar jika ratusan sampai ribuan turis berkunjung ke pantai ini menghabiskan akhir pekan atau hari libur lainnya.

Pantai Tete terletak sekitar 61 km di sebelah selatan Kota Watampone, tepatnya di Desa Bone Puteh, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Apabila kamu kebetulan berada di Kota Makassar, paculah kendaraan menjauhi pusat kota ke arah Timur Laut sejauh 175 km. Jalur masuk ke wilayah pantai terdapat di jalan poros Sinjai–Watampone, tepatnya di Desa Gareccing.

Apabila datang dari arah selatan, setelah melewati Desa Biccoing ikuti papan petunjuk arah Pantai Tete di sisi kanan jalan poros. Tidak lebih dari 3 km, kamu sudah akan disambut lengkung garis pantai nan elok beserta suara deru ombak yang menyegarkan sanubari. Nikmatilah Pantai Tete dan perjalanan ke pulau tak berpenghuni di dekatnya bersama Travel Makassar dengan travel murah Makassar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami