fbpx

Miliki Pemandangan Mempesona di Batutumonga, Toraja Utara

Terdapat beberapa tujuan wisata yang dapat dikunjungi sepanjang ada di Toraja Utara bersama travel Makassar. Nyaris semua mempunyai panorama unik serta memukau. Tetapi, liburanmu tidak juga akan komplit bersama travel murah Makassar bila tidak berkunjung ke Batutumonga di kaki Gunung Sesean. Kota ini bahkan juga seringkali memperoleh predikat jadi tempat terindah di kabupaten ini.

Sepanjang perjalanan dari kota Rantepao menuju Batutumonga dilalui jalan yang berkelok-kelok dan pada beberapa ketinggian tertentu pemandangan yang sangat eksotik dapat dinikmati dengan suhu udara yang dingin dan segar. Pemandangan ke arah kota Rantepao dan Lembah Sa’dan yang berada di kejauhan di kaki gunung.

Panorama Kota Rantepao dapat terlihat terang dari tempat ini. Waktu malam, sinar lampu perkotaan tampak eksotis dari sini. Diluar itu, suguhan sunrise pada pagi hari juga pantas di nikmati. Kemunculan matahari dari balik hamparan awan juga akan jadi pemandangan yang tidak bisa ditinggalkan.

Terdapat beberapa spot terbaik yang harus dikunjungi ketika berada di Batutumonga. Salah satunya ialah Lo’ko Mata. Ini merupakan kompleks makam yang berada di tebing. Masyarakat setempat seringkali menyelenggarakan upacara pemakaman dalam taraf besar di lokasi yang telah dipahat sejak abad ke-14 ini.

Lokasi selanjutnya yang tak boleh dilewatkan ialah Tinimbayo. Dari titik ini, pengunjung bisa menyaksikan bentang keindahan alam Toraja dari ketinggian. Hamparan sawah dan deretan rumah tongkonan yang dikelilingi hutan bambu akan memberikan perasaan damai saat dipandang.

Selain itu, kamu juga dapat berjumpa dengan adanya banyak pakar pemahat kuburan batu sembari lihat sistem membuatnya di Lempo. Jangan lupa pula menyantap kuliner khas Toraja di Restoran Mentirotiku. Tempat ini sering menjadi tempat persinggahan wisatawan untuk istirahat sambil menikmati keindahan alam.

Dari pusat kota Toraja Rantepao, kamu bisa sampai di Batutumonga dengan dengan dua cara, menumpang angkutan umum dari Pasar Bolu atau menggunakan mobil sewaan. Perjalanan menuju Batutumonga membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam. Karena medan yang ditempuh cukup sulit. Selain jalanan yang berkelok dan sempit, hanya seukuran satu mobil, sisi kiri dan kanan jalan berupa jurang menganga.

Meski begitu, semua kesulitan ini akan terbayarkan dengan apa yang akan kita temui di Batutumonga. Berbeda dari pemandangan perbukitan pada umumnya, dari atas lereng gunung tertinggi Tana Toraja ini terlihat puncak-puncak bukit dan hijaunya pucuk pepohonan yang menyembul di balik gulungan awan dan kabut di kaki gunung Sesean.

Tunggu apa lagi? Segera tentukan perjalananmu ke sini. Batutumonga adalah salah satu tempat terbaik untuk menginap di Toraja karena kenyamanan dan keindahannya. Tentunya, dari sini kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami