fbpx

Lanjukang, Destinasi Pulau Liburan Menakjubkan di Belahan Bumi

Kata siapa Makassar hanya terkenal karena Pantai Losari? Itu salah besar, justru Makassar memiliki banyak pulau yang alamnya masih terjaga dan belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Ada belasan pulau cantik yang letaknya terselip di antara selat Makassar. Dari belasan pulau tersebut salah satunya adalah Pulau Lanjukang.

Nama Pulau Lanjukang belum banyak yang tahu, tapi pulau yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan ini merupakan lokasi yang sempurna untuk dijadikan destinasi liburan. Pasalnya, pulau mungil tersebut termasuk salah satu pulau yang berada terluar dari Makassar, sehingga jauh dari keramaian kota dan hiruk pikuknya.

Layaknya pulau kecil yang berada di lokasi terpencil, Pulau Lanjukang memiliki pesona yang menggoda, khususnya mereka yang menyukai wisata bahari. Pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan lembut dengan perairan yang sangat tenang dan dangkal di sekelilingnya. Di sisi sebelah timur membentang pantai yang cukup panjang dengan ombak yang sangat tenang. Dalam jajaran Kepulauan Spermonde, Pulau Lanjukang ini dikenal memiliki pantai yang paling indah.

Bagi traveler yang mencari ketenangan dan penggemar wisata bahari, maka Pulau Lanjukang bisa mewujudkan semua impianmu, yang hendak berlibur, mencari ketenangan, dan menikmati indahnya dunia bawah laut. Sedangkan, untuk traveler yang hanya ingin menikmati suasana pantai saja, bisa bermain-main dengan air laut dan pasirnya yang putih lembut. Ombaknya yang cukup tenang dan dangkal di tepi, pun cukup aman dijadikan lokasi berenang.

Satu hal yang pasti terbersit di pikiran ketika melihat pulau cantik dengan perairan dangkal dan tenang seperti Lanjukang adalah snorkeling. Ya, snorkeling merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Lanjukang. Pulau ini memiliki pemandangan underwater yang cukup menarik berupa rangkaian terumbu karang serta ikan-ikan kecil seperti ikan badut dan lion fish. Pesisir pantai sebelah timur Pulau Langkujang memiliki kedalaman sekitar 4 hingga 5 meter dibandingkan pesisir barat yang hanya sekitar 1 meter sehingga lebih cocok untuk snorkeling karna kita akan mendapatkan pemandangan yang lebih variatif.

Gradasi air laut yang berwarna biru sampai biru tua akan membuat mata segar dan betah berlama-lama memandangnya. Menjajaki langkah kaki di Pulau Lanjukang, maka kamu akan disambut dengan ramah oleh penduduk lokal yang menghuni pulau, mereka terdiri atas 15 kepala keluarga dan jumlah penduduk sekira 50 orang, dan berprofesi sebagai nelayan. Jadi, sambil berlibur dan menikmati pemandangan, Kamu juga bisa mengenal keseharian dari penduduk setempat.

Transportasi menuju Pulau Lanjukang memang terhitung masih sedikit dan jarang. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa berlibur ke pulau cantik ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah datanglah ke kota Makassar. Setibanya di Bandara Sultan Hasanudin, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau taksi menuju Pelabuha Paotere, Makassar.

Dari pelabuhan tersebut, kamu bisa menyewa kapal kayu untuk menuju Pulau Lanjukang. Harga kapal kayu berkisar Rp1 juta – Rp 1,5 juta, satu kapal kayu bisa menampung 10 – 15 orang. Jadi sebaiknya jika terlalu mahal menyewanya sendiri, kamu bisa menyewanya bersama wisatawan lainnya ataupun rombonganmu.

Pulau ini memang masih tergolong sangat sepi, oleh karena itu fasilitas umum seperti listrik pun terbatas. Di Pulau Lanjukang listrik hanya akan menyala dari jam 17.30-21.00 WITA. Air bersih yang tersedia pun hanya bersumber dari sebuah sumur payau di tengah pulau. Untuk bermalam, kamu bisa membangun tenda ataupun menginap di rumah warga setempat. Jangan lupa untuk membawa pelembab anti nyamuk, agar bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus sibuk mengusir nyamuk sepanjang malam. Nah, bagaimana? tertarik untuk mengunjungi Pulau Lanjukang? Segera rencanakan liburanmu untuk mengunjungi pulau ini dan pesan tiket pesawatnya di travel Makassar yang menyediakan paket travel murah Makassar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami