Manjakan Mata dan Nikmati Keindahan Pantai Dato

Jauh dari sorotan tempat-tempat yang lebih populer di tempat lain, Pantai Dato dengan kemegahannya benar-benar merupakan keindahan terpencil yang tersembunyi di dalam Kabupaten Majene. Pantai ini terletak di Desa Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, yang menyajikan pemandangan alam yang menenangkan.

Terletak hanya 1 km dari Banggae, jantung Majene, atau sekitar 3,5 jam perjalanan dari Mamuju, ibu kota Sulawesi Barat, pantai ini direntangkan oleh orang lain.

Untuk menuju Majene, kamu dapat melalui jalur darat dari Makassar yang ditempuh dalam waktu 6 hingga 8 jam dengan tarif Rp70.000 hingga Rp100.000. Tak perlu khawatir karena travel Makassar akan menyiapkan wisatamu jadi terkenang selalu. Rute lain dapat menggunakan pesawat Makassar-Mamuju dan kemudian melanjutkan perjalanan darat selama sekitar 3 jam ke Majene dengan tarif kendaraan umum sebesar Rp30.000 hingga Rp40.000. Ya, travel murah Makassar akan memudahkan perjalanan menyenangkanmu.

Satu pemandangan yang menarik, yaitu bongkahan batu yang memiliki lubang atau bentuk yang unik, karena ombak menerjang terus menerus selama ratusan tahun. Beberapa batu raksasa, bahkan berdiri kokoh menonjol ke arah laut. Wisatawan dapat memanjat tebing dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dari sana, Pantai Dato menawarkan pemandangan yang begitu indah.

Keindahan pantai ini terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu pantai pasir putih halus dan pantai karang. Di atas karang yang menjorok ke laut, pemandangan juga tak kalah indah sembari duduk merasakan semilir angin laut. Kamu bisa menyaksikan dunia bawah laut lewat air yang jernih dari atas tebing. Hari demi hari, kamu juga bisa menikmati matahari terbenam di perbukitan Majene ini.

Pasir putih yang lembut menjadikan Pantai Dato sebagai tempat yang tepat untuk semua jenis permainan pantai yang menyenangkan, seperti voli pantai, sepak bola, atau membangun istana pasir. Sepanjang garis pantai juga menjadi rumah bagi banyak kepiting berbagai ukuran dan cangkang. Kepiting unik ini pasti akan menarik rasa ingin tahu pengunjung. Perairan di lepas pantai Dato relatif tenang, menjadikannya tempat yang tepat untuk berenang atau hanya bermain-main.

Di bawah air, Pantai Dato juga menawarkan terumbu karang murni dengan berbagai ikan berwarna sehingga aktivitas snorkeling dan menyelam dapat sangat berkesan. Kaya berbagai jenis ikan, perairan ini juga merupakan tempat yang tepat untuk memancing. Dari formasi batuan di ujung barat pantai, kamu dapat menaiki tangga ke puncak tebing. Di sana, pemandangan laut yang indah akan menunggumu jugs.

Setiap tahun, biasanya dari Agustus hingga September, ada acara khusus di Pantai Majene, yaitu Sandeq Race. Sandeq Race adalah lomba perahu sandeq atau perahu tradisional Mandar. Adegan ini tentu akan menghadirkan pengalaman yang berbeda sebagai tontonan balap perahu lokal.

Selain itu, di sekitar Pantai Dato sudah ada sejumlah fasilitas penginapan yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan pantai. Selain keindahan pantai, wisata kuliner khas daerah Majene juga patut dicoba ketika mengunjungi wilayah ini.

Relaksasi sejenak di Pantai Dato bisa menjadi alternatif pilihan untuk sekedar bersantai dengan rasa ketenangan suasana di sekitar pantai. Ini sangat layak menjadi referensi untuk perjalanan wisatamu bersama keluarga dan orang terkasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *