Umrah merupakan haji kecil, perbedaannya dengan haji adalah dalam umrah tidak melakukan jumrah, wukuf dan mabit. Selain kegiatan itu dilakukan dalam kegiatan ibadah umrah.

Umrah menurut bahasa artinya berkunjung atau ziarah, sedangkan menurut agama ialah mengunjungi baitullah dengan niat ibadah dengan cara tertentu dan dapat dikerjakan dalam waktu haji maupun diluar musim haji dan disebut haji kecil. Umrah dilakukan dengan ihram dari miqat, kemudian tawaf, sa’i  dan diakhiri dengan tahallul(gunting rambut) dan terlepas dari larangan ihram.

Hukum ibadah umrah adalah wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu, dan dibolehkan melaksanakan umrah walaupun belum melakasanakan Haji (Alquran surah 2 Al Baqarah ayat 196).

Bagi yang mampu melakukan umrah berkali-kali itu lebih baik lagi, “Dari Abu Huraerah RA bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : Umrah ke Umrah berikutnya adalah penebus dosa diantara keduanya (HR. Bukhari & Muslim).

Jamaah ibadah haji Indonesia setiap tahunnya terjadi peningkatan terlihat tampak adanya waiting list yang lama. Meski terjadinya antrian karena diberlakukan system kuota disetiap wilayah Republik Indonesia, tak mengurangi antusias jama’ah untuk mengikuti ibadah haji dan umrah sebagai bentuk ibadah melaksanakan rukun islam. Jemaah makin tahun ke tahun mengalami peningkatan meski  ongkos naik haji dari tahun ke tahun mengalami kenaikan signifikan.

Other Trips

These are other trips.

Rp 21,500,000