WISATA ALAM DAN EDUKASI DI KAB. TAKALAR PPLH PUNTONDO

Pantai puntodo merupakan sebuah Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), yang dikelola dibawah naungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo, yang bergerak dan fokus pada pendidikan lingukngan hidup. PPLH Puntondo lahir dengan latar belakang rasa kepedulian, pada kerusakan lingkungan pesisir dan perairan pantai, oleh sebab itu di lokasi tersebut kita tidak diperkenankan untuk merusak, menangkap, apalagi membunuh ekosistem laut di sekitar pantai.

PPLH Puntondo ini berada di Kab. Takalar, sekitar 62 Km dari Kota makassar, yang tepatnya berada di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, puntondo sendiri menurut cerita berasal dari kata makassar yaitu dari kata kondo atau burung bangau, dahulunya daerah puntondo ini terpisah dari daratan lainnya, jadi sering disebut juga dengan pulau kondo.

lokasi PPLH Puntondo di dirikan pada tanggal 18 agustus 1998 oleh Sarwono Kusumatmaja, selaku menteri lingkungan hidup saat itu, peresmiannya sendiri dilakukan kembali oleh Sarwono Kusumaatmaja pada tanggal 15 Oktober 2001.

Sekitar 200 meter melewati gerbang, saya pun disuguhi pemandangan yang indah. Berupa rumah-rumah dengan arsitektur khas sulawesi utara. Pihak PPLH sendiri mendatangkan bangunan rumah tersebut dari Kota Minahasa Sulawesi Utara untuk dijadikan bungalow. Sementara bangunan restoran dan asrama memiliki arsitektur khas Makassar yang dipadukan gaya arsitektur eropa.  Rumah-rumah ini terdiri atas penginapan, asrama, restoran, perpustakaan, dan Putondo-takalarruang pertemuan yang dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *