DESA WISATA PULAU LAKKANG YANG TERSEMBUNYI DI DALAM KOTA MAKASSAR

Secara geografi, pulau wisata Lakkang, adalah pulau yang tersembunyi di kota makassar, lakkang merupakan daratan yang disebut delta, karena hamparan daratannya dari endapan sedimentasi dalam kurun waktu yang begitu lama.

Pulau lakkang yang memiliki luas sekitar 300 Hektar ini diapit oleh tiga sungai, yakni sungai Tallao, Sungai Pampang dan sungai Universitas Hasanuddin (UNHAS). ketiga sungai ini membuat pulau lakkang terkesan tak terlihat dan jarang diketahui oleh masyarakat umum Kota Makassar, untuk sampai di pulau ini, wisatawan bisa memilih memulai perjalanan di beberapa dermaga, yaitu dermaga belakang kampus Unhas, dermbaga samping Tol IR. Sutami, dermaga dikelurahan Pampang dan dermaga di Kelurahan Tallo, pengunjung bisa menumpang perahu yang dapat memuat sekitar 15 orang dan 5 unit motor, tarifnya pun terbilang murah dengan harga Rp. 3.000 per kepala dan tarif angkut motor Rp.5.000, lama perjalanan sekitar 15 – 25 menit menelusuri sungai besar dengan hutan hutan bakau dan nipa nipa.

Di pulau lakkang ini juga terdapat peninggalan sejarah yaitu bunker peninggalan jepang, dengan suasana hutan pohon bambu, bunker peninggalan jepang itu pun tak terawat, bagian atasnya terdapat banyak tumpukan sampah, tak ada pagar mengelilingi lokasi bunker, tak ada pula papan bicara sebagai situs sejarah, bahkan ada beberapa bunker yang sudah tidak terawat dan bahkan sudah rusak yang di penuhi gundukan sampah.

Menurut keterangan warga setempat, bunker peninggalan jepang tidak terawat karena masyarakat pulau lakkang sebagian besar tidak mengetahuinya bahwa bunker itu adalah tempat bersejarah yang semestinya di lindungi, menurutnya ada sebagaian warga yang menjadikannya septictank (tempat pembuangan tinja) ada pula yang menjadikannya sebagai tempat pembuangan sampah.

Tapi untuk saat ini warga pulau lakkang sudah menyadari akan hal itu, dan sudah ada beberapa bunker yang telah di bersihkan dan di rawat tapi tidak mengubah bentuk asli dari bunker tersebut.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *