TRADISI KUBURAN BATU LEMO DAN LONDA TANA TORAJA YANG MEMIKAT HATI WISATAWAN LOKAL MAUPUN MANCANEGARA

LEMO, popularitas destinasi wisata yang ada di tana toraja sudah terkenal di kalangan turis, kabupaten yang terletak di sulawesi selatan ini memang terkenal karena buadayanya yang unik dan otentik yang masih di pertahankan hingga sekarang, terutama untuk obyek wisata Batu Lemo dan Londa, Lemo adalah salah satu kompleks makam yang terkenal dengan kuburannya, peti mati di letakkan di dinding tebing bukit tinggi didalam batu yang besar yang di lubangi, peti mati tersebut di lettakan di dalam tebing batu kapur.

Cara penguburannya disini adalah dengan melubangi batu dengan pahat secara manual yang biasa di lakukan berbulan bulan, biasanya satu lubang diisi oleh satu keluarga dan di tutup kayu, meski terkesan angker, obyek wisata lemo menjadi tempat wisata rumah arwah. Karena situs pemakaman ini sudah ada pada zaman dulu, di lemo wisatawan akan disajikan dengan pemandangan yang sedikit berbeda. Wisatawan akan melihat jenazah yang sengaja di simpan dalam ruang terbuka yang berda di bukit yang curam.

Karena pemandangan kuburan ini terbiang unik, tidak heran jika batu lemo kerap dikunjungi turis dunia, kawasan pemakanam ini terlah berusia ratusan tahun dan diperkirakan sudah ada sekitar abad ke-`6 sebagai tempat pemakaman kepala-kepala suku toraja. di tempat ini wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan patung yang biasa di pasang di depan makan atau orang toraja biasa menyebutnya “Tau Tau” atau orang orangan.

LONDA habis dari lemo wisatawan bisa langsung menuju londa, letaknya tidak jauh dari obyek wisata lemo, kurang lebih 30 menit perjalanan. Di londa hampir mirip dengan di lemo, yaitu terdapat kuburan batu yang tinggi di atas pegunungan, di obyek wisata ini terdapat juga kuburan di dalam gua. Sebelum masuk ke dalam gua, wisatawan di sajikan dengan pemandangan tau tau atau orang orang di depan mulut gua yang terdapat di atas tebing, untuk masuk ke dalam gua wisatawan bisa menyewa lampu petromaks untuk penerangan di dalam gua.

Di dalam gua terdapat tengkorak – tengkorak ataupun sisa tulang belulang manusia yang di simpan di atas peti, di dalam goa ada tengkorak yang di kenal sebagai Romeo & Julietnya Toraja, kisahnya, mereka sepasang kekasih yang ternayata merupakan sepupu, sehingga tidak di restui oleh keluarga mereka, karena tidak di restui akhirnya mereka memilih bunuh diri bersama,karena ada peraturan adat yang tidak memperbolehkan untuk memindahahkan tengkorak ataupun peti dari tempat asalanya, karena buat memindahakannya butuh upacara adat terlebih dahulu, jadi selain hati-hati karena ketinggian, goa ini cukup pendek, perlu hati hati agar sama obyek yang di dalamnya tetap terjaga.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *