SUKU KAJANG DESA ADAT AMMATOA DAN KEARIFAN LOKALNYA

Suku kajang ini terletak di kabupaten bulukumba,suku kajang ini terbagi atas 2 kelompok yaitu suku kajang luar dan suku kajang dalam, suku kajang luar adalah daerah yang sudah bisa menerima peradaban teknologi seperti listrik, dan alat elektronik lainnya. Berbeda dengan suku kajang dalam yang tidak dapat menerima peradaban, itulah sebabnya di daerah kajang dalam tidak ada listrik.

Apabila wisatawan ingin masuk ke daerah kawasan ammatoa (kajang dalam) wisatawan tidak boleh menggunakan alas kaki seperti sendal ataupun sepatu, bukan hanya itu bentuk rumah kajang dalam dan luar yang begitu berbeda, seperti tempat buang air kajang luar sudah sama seperti rumah pada umumnya yaitu berada di belakang, tapi beda dengan suku kajang dalam yang mana tempat buang air dan dapurnya berada di bagian depan rumah,dan jika wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, harus membawa pakaian hitam. Di tempat ini juga di sediakan penyewaan sarung hitam untuk di pakai masuk ke dalam perkampungan tersebut.

Hitam merupakan sebuah warna adat yang kental akan kesakralan, warna hitam mempunyai makna bagi masyarakat ammatoa sebagai bentuk persamaan dalam segala hal, termasuk kesamaan dalam kesederhanaan. tidak ada warna hitam yang lebih baik antara yang satu dengan yang lainnya, semua hitam adalah sama.

warna hitam menunjukkan kekuatan, kesamaan derajat bagi setiap orang di depan sang pencipta. kesamaan dalam bentuk wujut lahir, meyikapi keadaan lingkunngan, utamanya kelestarian hutan yang harus di jaga keasliannya sebagai sumber kehidupan.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *