TANA BERU, KAMPUNG PEMBUAT PERAHU DAN PELAUT TANGGUH DARI SULAWESI SELATAN YANG LEGENDARIS

Selain menawarkan keindahan alam, pasir putih, dan air yang jernih, Pantai Tanjung Bira juga menyimpan suatu pesona yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Siapa sangka, tidak jauh dari pantai tersebut, terdapat desa pesisir yang penduduknya berprofesi sebagai pembuat perahu Pinisi. Terletak di Kabupaten Bulukumba, tepatnya di Tana Beru, perkampungan pesisir pembuat perahu Pinisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pantai selatan Makassar.

Perahu Pinisi merupakan perahu tradisional masyarakat Bugis Makassar. Perahu ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Indonesia. Perahu inilah yang membuktikan Indonesia dahulu adalah negara maritim yang besar dengan budaya pelaut dan pembuat kapal yang tangguh. Awalnya, perahu Pinisi pelaut Indonesia mengandalkan angin sebagai pendorong laju perahu. Karenanya, perahu Pinisi dahulu menggunakan layar pada bagian depan dan belakangnya.

seiring dengan makin berkembangnya peradaban, perahu phinisi kini ada yang sudah menggunakan mesin motor diesel sebagai tenaga pendorognya, tapi tetap juga menggunakan layar yang di siapkan di kapal tersebut, jika kita berkunjung di tempat ini, wisatawan bisa melihat proses pembuatan kapal phinisi yang di bilang cukup unik, karena proses pembautan yang masih traditional dan bahan bahan yang digunakan bisa di bilang semua berbahan dasar kayu, kayu yang di gunakan untuk bagian bawah dan kerangka kapal ini menggunakan kayu ulin atau biasa di sebut kayu besi, untuk bagian atas atau dek kapal biasanya menggunakan kayu jati, proses pembuatan kapal phinisi ini biasa memakan waktu yang agak cukup lama, tergantung dari bahan baku yang di sediakan ataupun ukuran kapal yang akan di buat.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *