Rammang-Rammang, Keajaiban Alam Berpadu Sejarah Panjang Kehidupan Manusia, Bentuk Perlawanan Terhadap Tambang

Rammang-Rammang dapat ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan bermotor dalam waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Makassar. Rammang-Rammang mudah dijangkau karena terletak hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.

Nama “Rammang-Rammang” berasal dari Bahasa Makassar, di mana kata rammang berarti “awan” atau “kabut”. Jadi rammang-rammang berarti sekumpulan awan atau kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang karena awan atau kabut yang selalu turun, terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Tempat yang menarik di kawasan ini adalah taman hutan batu kapur, telaga Bidadari, gua Bulu’ Barakka’, gua Telapak Tangan, gua Pasaung, sungai Pute dan kampung Berua.

Luas haman hutan batu Kapur Rammang-Rammang bertebar adalah 45 000 hektar (45 km²) dan merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia, setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Tiongkok. Terdapat dua kompleks taman hutan batu di Rammang-Rammang, yakni di utara dan di selatan.

 “Karena kita sadar penambangan akan merusak alam, kita saat itu berjuang untuk mencabut izin tersebut, dan bahkan salah satunya sudah beroperasi. Perjuangan kami akhirnya berhasil setelah semua izin dicabut pada 2013,” papar dia.

Setelah tiga perusahaan tersebut gagal beroperasi, Iwan mengatakan, warga akhirnya bersepakat untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata. Tak lama, pada 2015, warga berhasil mendorong lahirnya Peraturan Desa dan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Budpar Kab Maros tentang pengelolaan kawasan Rammang-rammang.

Sejak resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata, Iwan mengungkapkan, sejak saat itu desa mendapatkan pemasukan melalui retribusi yang ditarik dari pengunjung. Dari semua pemasukan, 25 persen diserahkan ke kas desa dan sisanya akan diberikan untuk operasional kelompok sadar wisata dan untuk perbaikan infrastruktur pendukung.

Berikut paket – paket tour Makassar yang disediakan oleh Batari Tour & Travel :
Paket Tour Makassar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *