Pulau Hainan, Surga Kecil di Selatan China

Hainan adalah pulau kecil di bagian selatan China. Kendati pulau kecil, Hanian memiliki pantai cantik yang mirip dengan hawaii. Alhasil, Hainan dijuluki sebagai Wahaii-nya China. Karena keindahannya itu pula, Hainan telah memiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia.Memiliki luas sekitar 34.000 kilometer persegi dan hamparan pantai sepanjang 34.438 kilometer persegi, pulau Hainan tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang indah. Tetapi juga memiliki hutan hujannya yang masih terjaga dengan baik. Sehingga pulau ini bebas dari polusi. Bahkan, Hainan juga menjadi destinasi wisata cerdas. Di mana Hainan menyediakan jaringan 4G secara menyeluruh dan akses Wi-Fi di 95 persen tempat wisata. Di sana, akses antar-tempat bisa ditempuh menggunakan bus ataupun kereta cepat. Anda bebas berjalan kaki di trotoar dengan tata kota yang sangat apik.

Menariknya, terdapat pula sejumlah lokasi yang ramah pelancong Indonesia. Desa Bali di Kabupaten Xin Long misalnya. Anda yang bertandang ke sana bisa menjumpai candi Bentar khas Bali, dengan suasana pedesaan mirip Bali. Tanaman khas Indonesia seperti nangka dan belimbing pun tersedia.Anda juga bisa belajar membuat kue semprong, hingga menikmati kesenian Tanah Air dari panggung hiburan. Usut punya usut, Desa Bali dulunya merupakan penampungan warga Tionghoa dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang budayanya amat kental.Selain itu, Anda bisa mengunjungi Binglanggu Li & Miao Cultural Heritage Park di Sanya. Lokasi tersebut merupakan pemukiman Suku Li dan Miao yang mirip suku Dayak di Kalimantan. Masih di Sanya, menukil situs resmi pariwisata Hainan, salah satu pantai cantik yang wajib Anda kunjungi adalah Yalongbay. Pantai berjuluk surga di bawah langit itu, termasuk pantai-pantai lain di Hainan, punya daya tarik kelas dunia yang diklaim sebagai “Hawaii-nya Tiongkok”.

Dekat dari Yalongbay, ke arah barat daya, ada satu dari enam lokasi menyelam legal di Hainan. Namanya Baifu Bay. Titik selam di Baifu Bay memiliki jarak pandang bawah laut antara 18-30 meter. Meski jauh dari daratan dan hanya bisa diakses dengan perahu, pemandangannya berkesan dengan beragam karang lunak dan biota laut nan indah. Untuk Anda yang gemar berselancar bisa mengunjungi Sun and Moon Bay, dan yang suka bertualang bisa menjelajah bukit Baishi Ridge. Dibalik keindahan pulau Hainan, ternyata memiliki sejarah panjang. ratusan tahun silam, Hainan jadi tempat pembuangan bagi siapa saja yang menentang kekaisaran China. Lalu pada tahun 1900-an, Hainan jadi tempat pengasingan tahanan politik. Lokasinya yang berada di lepas pantai dari daratan China dan dikelilingi laut, benar-benar membuat para tahanan terisolasi dari dunia luar. Terlepas dari sejarah panjangnya tersebut, destinasi di selatan China ini tetap menajdi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegera.

Baru-baru ini Pemerintah Hainan mengeluarkan kebijakan baru jika untuk berlibur ke Hainan maka bisa bebas Visa, kebejikan tersebut dimulai dari tanggal 1 Mei 2018 kemarin. Para pemegang paspor Indonesia diberi waktu maksimal selama 30 hari untuk berada di Hainan China tanpa visa. Bukankah hal ini sangat memudahkan travel mates yang ingin ke Hainan tapi belum memiliki visa.

Berikut Group Tours Hainan Yang disediakan oleh Batari Tour And Travel
Paket Tour Hainan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *