Curug Lawe, Air Terjun Eksotik di Ibu Kota Jawa Tengah

Semarang, Jawa Tengah ternyata menyimpan beberapa tempat wisata alam yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Curug Lawe yang merupakan air terjun dengan pemandangan alam yang begitu indah. Kamu bisa melihat secara langsung melihat sebuah air terjun yang jatuh pada cekungan dengan aliran air yang cukup deras bersama travel Makassar dengan paket travel murah Makassar.

Air terjun yang unik dan eksotik sekali dengan alam yang sangat indah dan asri. Sebuah lereng berbentuk cekungan yang melingkar kurang lebih 270 derajat dengan air terjun yang tinggi kurang lebih 50 M berada tepat ditengah-tengah cekungan, ditambahi banyaknya air terjun kecil-kecil yang ada disekitar air terjun utama yang menambah suasana indah. Siapapun yang memandang Curug Lawe ini pasti kagum akan keindahan alam yang diciptakan disini.

Di ibukota Jawa Tengah ini, Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Sekarang Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat. Air terjun ini kerap dikenalkan dengan nama Curug Lawe dan Benowo yang sekaligus menjadi hulu dari Kali Banjir Kanal barat dan Kali Garang. Penamaannya juga berasal dari bahasa Jawa “Selawe” yang artinya dua puluh lima yang merujuk pada jumlah terjunan airnya.

Konon air terjun Curug Lawe sendiri berjumlah 25 buah, jadi bayangkan saja, betapa banyaknya air terjun yang berada di lereng Gunung Ungaran ini. Ada juga yang mengatakan bahwa Lawe berarti benang putih, karena menurut orang sekitar dan traveller yang pernah kesini, pemandangan air terjun yang jatuh ke bawah terlihat putih seperti benang yang terurai, sehingga banyak masyarakat sekitar menyebutnya lawe.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu juga akan dimanja oleh pemandangan yang sangat eksotik sekali. Jalan yang dilalui juga tergolong unik. Kamu akan melewati sepanjang jalan saluran irigasi di mana kiri merupakan jurang dan kanan adalah saluran irigasi.

Setelah sampai di Curug Lawe, kamu akan melihat semua pemandangan alam berhias Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Udara yang sangat sejuk dengan nuansa pepohonan yang rindang dan hijau akan membuat mata semakin terpukau. Rasa letih setelah perjalanan menuju curug lawe akan terbayar.

Walaupun agak jauh dari lokasi air terjun ini, tapi efek yang ditimbulkan oleh air dari lereng gunung ini berimbas dengan terbentuknya embun atau uap air di sekitar kawasan ini. Sensasi alam yang sangat susah di katakan dengan kata-kata. Intinya Curug Lawe adalah air terjun yang unik dan eksotik.

Selain Curug Lawe, kamu juga bisa mampir ke Curug Benowo dan Sendang Pengantin yang jaraknya tidak terlalu jauh. Dengan berjalan kaki kurang lebih selama setengah jam, kamu bisa melihat keindahan alam lainnya di sekitar Curug Lawe tersebut. Kadang-kadang di perjalanan, kamu juga akan menjumpai segerombolan kera jenis lutung yang masih banyak hidup dikawasan hutan Gunung Ungaran ini.

You may also like...

(1) Comment

  1. SAMSUDIN

    Apa saja destinasi wisata yang dapat di temui disekitar curug lawe tersebut??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *