Liburan ke Pulau Peucang, Wisata Bahari Menakjubkan di Taman Nasional Ujung Kulon

Nama Taman Nasional Ujung Kulon memang saat ini sudah tidak asing lagi di telinga terutama bagi para traveler. Taman yang berada di bagian paling barat Pulau Jawa ini dikenal memiliki beragam tempat wisata alam yang indah nan asri. Sangat indahnya hingga taman ini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Selain memiliki cagar alam yang mengedukasi, ternyata Taman Nasional Ujung Kulon memiliki sisi lain berupa surga yang tersembunyi yaitu pantai Pulau Peucang Banten.

Terletak di Provinsi Banten, Pulau Peucang mencakup luas sekitar 450 hektar, dan merupakan rumah bagi berbagai spesies hewan liar seperti monyet, burung enggang, biawak, babi hutan, toucans, elang laut, dan banyak lagi. Yang paling menonjol dari ini adalah kijang yang ditemukan berlimpah di sekitar pulau. Penghuni asli pulau ini juga menjadikan amanya menjadi nama pulau ini, karena “Peucang” dalam bahasa Sunda lokal singkatan dari kijang.

Jika lebih menyukai cara backpacker, kamu bisa menggunakan bis dari Kalideres untuk tujuan Labuan. Kemudian dari Labuan, kamu bisa menggunakan elf yang beroperasi hanya hingga sekitar pukul 3 sore. Jika lewat pukul 3 sore, kamubisa menyewa mobil lain untuk menuju ke Dermaga Sumur. Dari Dermaga Sumur tentu harus dilanjutkan dengan perjalanan Laut, menggunakan perahu nelayan.

Pantai yang ada di pulau ini memiliki hamparan pasir putih dengan laut biru yang membentuk gambar landscape indah bersama hijaunya hutan dan birunya langit yang cocok untuk melakukan beragam olahraga renang seperti berenang, menyelam, memancing hingga snorkeling.

Di bawah permukaan air yang jelas, taman karang mempesona dengan makhluk laut mereka beragam adalah tempat yang sempurna untuk snorkeling di tepi pantai atau menyelam di berbagai tempat menyelam. Di antara beberapa penghuni alam bawah laut Pulau Peucang adalah ikan kupu-kupu, ikan malaikat, ikan badut, ikan kakatua, dan banyak lagi.

Di pulau ini, kamu bisa memanfaatkan fasilitas water sportnya untuk menuju ke Pulau Peucang. Untuk masalah biaya sebenarnya masih cukup terjangkau apalagi jika pergi berombongan, mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari Rp.1 juta untuk tiket, transportasi, dan akomodasi.

Selain itu, Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dengan dataran yang rendah yang dikelilingi oleh beragam flora dan fauna yang akan sulit ditemukan di tempat lain. Di sini kamu bisa menemui beberapa hewan yang sulit di temui, seperti Rusa, Banteng, Merak Hijau, Lutung, Babi Hutan, Kijang hingga Biawak. Serta beragam pepohonan yang menjadikan pulau ini sangat indah.

Ada pula salah satu objek wisata yang selalu menjadi incaran para traveler, yaitu Karang Copong. Karang Copong merupakan nama sebuah karang mati yang berukuran besar dan berlubang. Kamu bisa menemukan Karang Copong di bagian Utara pulau Peucang Ujung Kulon. Karang ini juga cocok sebagai tempat memancing atau menyelam karena air dasar lautnya masih sangat jernih sehingga mudah untuk melihat ke dasar laut. Tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalananmu dengan layanan paket travel murah Makassar dari travel Makassar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *