Surga Tersembunyi di Balik Bukit Jambi, Air Terjun Renah Sungai Besar

Jambi menyimpan begitu banyak potensi alam yang masih sangat alami serta belum banyak dijamah oleh wisatawan. Hal ini karena sebagian tempat wisata terletak didaerah terpencil serta diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya. Tersembunyi dibalik bukit, di dalam hutan belantara dan pegunungan terdapat beberapa tempat wisata perawan seperti salah satunya Air Terjun Renah Sungai Besar.

Untuk memasuki lokasi air terjun, tidak ada pungutan biaya sama sekali dan benar-benar free. Air terjun ini berlokasi di Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Muara Bungo, Jambi. Berjarak sekitar 1, 5 jam perjalanan dari pusat Kota Muara Bungo membuat air terjun ini menjadi wisata kegemaran. Kondisi jalan menuju Desa Renah Sungai Besar sudah cukup baik, kamu dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Air Terjun Renah Sungai Besar memang memancarkan pesona alami, yang masih lestari dan terjaga. Deburan air yang jatuh mengenai bebatuan, seolah menentramkan jiwa bagi siapa saja yang berkunjung. Udara segar yang terbebas dari polusi, serta kicauan burung-burung liar menambah sempurna tempat wisata ini.

Desa Renah Sungai Besar juga merupakan lokasi air terjun yang sesuai. Setibanya di desa tersebut, kamu akan disambut oleh warga setempat yang sangat ramah sekali, kamu bisa menitipkan kendaraan kepada warga setempat. Desa tersebut juga sangat asri karena lingkungannya terjaga sangat baik dan bersih.

Jangan lupa kamu juga bisa menikmati sensasi refleksi alami dengan berdiri tepat dibawah air terjun dan merasakan air yang jatuh membasahi seluruh tubuh. Pemandangan sekitar yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, nampak asri serta menambah keindahan air terjun ini. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat, serta menghilangkan stress di kepala.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk menuju ke Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Bungo menuju ke Desa Renah Sungai Besar pun cukup baik dan beraspal mulus. Namun sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setidaknya pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit sebelum sampai di lokasi air terjun.

Perjalanan kaki akan terbayarkan setelah sampai di lokasi air terjun karena suasana dan lokasinya sangat bagus sekali. Sepanjang perjalanan tersebut, kamu bisa melihat banyak tumbuhan liar dan akan melintasi 7 jembatan sungai kecil. Tempat wisata ini cukup populer dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat sekitar. Debit air yang besar, serta air terjun yang cukup menawan menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas penat di akhir pekan.

Apabila wisatawan hendak menginap, terdapat pilihan penginapan atau hotel yang bisa dipilih di sekitar Muaro Bungo. Setidaknya ada 5 hotel mulai dari bintang satu hingga bintang 3 yang bisa digunakan bermalam. Jika tengah berada di Kabupaten Bungo, tiada salahnya untuk menengok keindahan dari Air Terjun Renah Sungai Besar bersama travel Makassar dengan paket travel murah Makassar.



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *