Home > Blog > Indonesia > Enam Pilihan Objek Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

Enam Pilihan Objek Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

Travel Makassar menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat. Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan seribu sungai selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil. Di antara sungai tersebut dapat dan sering dilayari dan menjadi salah satu tempat rekreasi di pontianak. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman.

Berwisata ke Kalimantan Barat dapat menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa memesan tiket perjalanan ke berbagai objek wisata di provinsi ini melalui travel murah Makassar. Namun sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kamu mengetahui objek wisata terbaik di provinsi ini. Terdapat beragam destinasi di Kalimantan Barat, menawarkan wisata pantai, air terjun, dan budaya berikut ini:

1. Rumah Radakng

Rumah Betang Radakng merupakan replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat yang sengaja dibangun oleh pemerintah kota di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Tempat wisata andalan ini meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Panjang rumah ini mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.

Rumah ini memiliki ciri berbentuk rumah panggung panjang. Semakin banyak anggota keluarga maka semakin panjang rumah betang karena suku Dayak memilih hidup bersama semua anggota keluarganya di satu rumah.

Rumah Betang Radakng buatan pemerintah ini berbahan kayu ulin dan dihiasi dengan ukiran dan lukisan khas Dayak. Pada saat-saat tertentu, rumah ini digunakan sebagai tempat latihan menari dan pertunjukan seni lainnya.

2. Istana Kadariah

Belum lengkap rasanya mengunjungi Pontianak kalau belum mengunjungi istana bersejarah di kota ini, yang juga merupakan saksi berdirinya kota Pontianak. Istana ini berada di dekat sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Sehingga disarankan untuk mengunjungi Istana Kesultanan Kadriah di sore hari agar bisa menikmati suasana sore dan senja di tepi sungai Kapuas.

Di bagian depan, kamu akan disambut oleh gerbang besar berwarna kuning. Sebelum mengunjungi istana ini, bersiaplah untuk melihat dominasi warna kuning dimana-mana. Semua ruangan dan warna kuning yang mendominasi Istana ini menonjolkan kesederhanaan, kejayaan dan juga budi pekerti para bangsa Melayu yang menguasai tanah Kalimantan di masa lalu.

Istana ini tampak sederhan dari luar, tapi saat anda memasukinya, anda akan melihat kejayaan Melayu di masa lalu. Walaupun terbuat dari kayu, istana ini memiliki empat tingkat dan luasnya tidak kalah dengan keraton dan istana lain. Pastikan kamu mengunjungi istana ini saat berlibur ke Pontianak.

3. Pantai Pasir Panjang
Salah satu pantai yang cukup menawan dan indah adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini terletak tepatnya di Singkawang, Kalimantan Barat.

Disebut dengan Pantai Pasir Panjang dikarenakan hamparan pasirnya membentang hingga 3 kilometer sepanjang bibir pantai. Pantai Pasir Panjang Singkawang ini memiliki pasir yang putih dan juga ombak yang tenang. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati hamparan yang laut berwarna biru yang tentunya menambah keindahan dari pantai ini. Sehingga pantai yang ada di daerah Singkawang Kalimantan Barat ini cukup ramai pengunjung dan sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

4. Air Terjun Riam Mananggar

Siapa yang tidak tahu tentang Air Terjun Niagara yang telah menjadi pusat destinasi wisata Air Terjun terlebar di dunia. Terkenal dengan segala keindahannya, air terjun Niagara terletak di Benua Amerika, tepatnya di antara Provinsi Ontario (Kanada) dan negara bagian Amerika Serikat yaitu New York. Namun tahukah kamu, terdapat sebuah air terjun yang hampir menyerupai air terjun Niagara di Kalimantan Barat, yaitu Air Terjun Riam Mananggar.

Berada di Dusun tauk, Desa Serimbo, Kecamatan Air besar, Kabupaten Landak, Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, sedikit lebih rendah dari sang seniornya Niagara. Tetapi keindahan dari Air Terjun Riam Mananggar tidak akan membuat kecewa bila mengunjunginya.

5. Taman Nasional Danau Sentarum

Jika anda berkesempatan jalan jalan ke Kalimantan Barat, tak ada salahnya mengunjungi Taman Nasional Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebuah taman nasional hutan hujan tropis yang memiliki ekosistem lahan basah, danau dan rawa.

Ada sekitar dua puluh buah danau yang bisa anda temui. Jumlah air yang mampu ditampungnya dalam satu tahun diperkirakan sebanyak 16 triliun kubik. Danau itu pula menjadi habibat ikan khas Kalimantan, ikan arwana atau Scleropages formosus.

Taman nasional ini berada di sekitar Sungai Kapuas, terdiri dari bukit dan dataran tinggi, dan merupakan penyangga mata air untuk daerah sekitar.Ada tanaman yang hanya bisa kita temukan di Taman Nasional Danau Sentarum yang bernama tembesu atau Shorea beccariana. Ada juga jelutung atau Dyera costulata, meranti atau Shorea sp dan ramin atau Gonystylus bancanus.

6. Pulau Randayan Singkawang

Pulau Randayan Singkawang memiliki keindahan bahari yang sangat khas, yaitu air yang biru dan jernih. Pulau ini sangat tenang dan cocok sekali bagi kalian yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota. Di Pulau Randayan terdapat pantai yang masih sangat terjaga kealamiannya. Kondisi pantai yang sangat bersih, menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Banyak wisatawan dari luar yang datang ke Pulau Randayan ini untuk menikmati pulau yang terdapat pantai yang indah. Begitu juga dengan wisata bawah laut yang masih terjaga dengan baik, karena kawasan ini masuk dalam kawasan koservasi Kabupaten Bengkayang. Keindahan Pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai pohon-pohon rindang dan hijau. Ditambah dengan pasir pantai yang putih dan hamparan batu yang akan membuat kalian nyaman saat berada di sana.

Pulau Randayan tidak jauh dari Kota Singkawang, tepatnya berada di Kabupaten Bengkayang, untuk menuju ke pulau Randayan anda bisa menuju Teluk Suak terlebih dahulu, dari Kota Singkawang ke Teluk Suak hanya berjarak kurang Lebih 32 Kilometer saja. Jika anda sudah berada di Teluk suak anda bisa mememilih untuk menyewa alat transportasi yang telah tersedia di sana. Adapun alat transportasi yang ada di sana yaitu Speed Boat dan Motor Klotok.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *