Keindahan Alami Biduk-biduk, Wisata Anti-Mainstream di Berau

Kecamatan Biduk-Biduk berada di bagian timur Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Enam desa di dalamnya menawarkan keindahan alam yang siap memanjakan mata para pelancong.

Jika biasanya wisatawan yang melakukan perjalanan ke Berau langsung melangkah ke Derawan, sekarang kamu dapat menjelajahi Biduk-Biduk di sudut lain dari Berau. Biduk-biduk Berau, mungkin namanya masih sedikit asing di telinga, jika dibandingkan dengan Pulau Derawan atau Pulau Maratua yang sama-sama berada di Kabupaten Berau. Meski belum banyak diketahui, namun keindahan Biduk-biduk tidak kalah dengan pulau yang sudah terkenal di Kabupaten Berau.

Biduk-biduk menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik. Tapi sebelumnya, baca dengan seksama petunjuk di bawah ini untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian ke Biduk-biduk. Untuk menuju ke Biduk-biduk, cara tercepat adalah menggunakan pesawat terbang dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan ke Bandara Kalimarau di Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau. Caranya gampang, kamu tinggal memesan tiket perjalanan ke Kalimantan Timur dengan jasa travel Makassar.

Kemudian, dari Tanjung Redeb, kamu dapat menyewa kendaraan dari Tanjung Redeb ke Biduk-Biduk yang berjarak 250 kilometer. Sewa kendaraan dari Tanjung Reden ke Biduk-biduk sekitar Rp. 750.000 untuk sekali perjalanan, termasuk bensin.

Eksplorasi Biduk-Biduk dapat dimulai di Teluk Sulaiman, sekitar delapan kilometer dari Jalan Belimbing. Pantai di teluk ini adalah pasir putih, airnya jernih, dikelilingi oleh hutan bakau. Berada di sini saat senja adalah momen paling istimewa.

Ketika kamu berada di Teluk Sulaiman, kamu dapat menyeberang ke Pulau Kaniungan Kecil dan Kaniungan Besar. Lokasinya sangat dekat, karena hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Teluk Sulaiman. Wisatawan dapat menaiki perahu seharga sekitar Rp600 ribu. Perahu itu bisa memuat enam hingga delapan penumpang.

Keistimewaan Pulau Kaniungan Kecil dan Kaniungan Besar adalah keindahan dunia bawah laut. Air laut yang jernih dengan pasir putih yang lembut adalah daya tarik tingkat berikutnya di Pulau Kaniungan.

Satu jam perjalanan dengan perahu akan membawamu ke Kampung Teluk Sumbang. Ada tiga air terjun di sini. Sayangnya, tidak ada penginapan di sekitar lokas. Jadi wisatawan biasanya hanya dapat mengunjungi satu air terjun.

Masih ada Labuan Cermin yang sudah populer sebagai tujuan wisata. Seperti namanya, danau ini memiliki air jernih berwarna hijau kehijauan yang membuat perahu tampak seolah mengambang.

Keindahan Labuan Cermin memang bisa membuat siapa saja yang datang ke sini akan tercengang. Air di Labuan Cermin sangat jernih, seolah Anda bisa melihat ke cermin yang didominasi hijau dan biru.

Labuan Cermin untuk masyarakat setempat disebut danau dua rasa, karena di bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar, sementara di beberapa meter di bawah danau merupakan aliran air asin.

Kedua air ini, air tawar dan air asin tidak tercampur. Secara kasat mata, kamu dapat melihat bahwa dua perairan ini dipisahkan oleh lapisan seperti awan.

Labuan Cermin terletak di desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Labuan Cermin hanya dapat diakses oleh perahu / perahu kecil. Dari dermaga feri ke danau Labuan Cermin, dibutuhkan sekitar 10-15 menit. Biaya sewa kapal adalah Rp20.000 / orang atau Rp100.000 / kapal.

Wilayah Biduk-Biduk, dilansir dari Mongabay, juga memilih kekayaan biologis yang menarik. Ada 10 jenis mamalia yang dilindungi, termasuk Great Porcupine, Honey Bear, Kucing Kuwuk, Pelanduk Napu, Rusa Kuning, dan Rusa Sambar.

Selain itu ada 104 jenis burung dari 38 famili, dengan enam spesies endemik yang sangat menarik, yaitu Takur Topi-Hitam (Megalaima henricii), Takur Tutut (Megalaima raflesii), Takur Neck-Hitam (Megalaima eximia), Pijantung (Arachntera everetti) ), Kalimantan Bondol (Lonchura fuscans), Batu-Kepala (Pitta baudii), Sempidan (Lophora bulweri).

Siap menikmati keindahan alam di Biduk-Biduk? Segera tur perjalananmu ke surga tersembunyi ini di Indonesia dengan travel murah Makassar dan asuransi perjalanan terbaik Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *